Tahukah kamu bahwa ikan cupang adalah ikan air tawar. Sebenarnya ikan cupang mempunyai beberapa negara asal seperti Indonesia, Vietnam, Malaysia, dan Thailand. Ikan cupang juga memiliki cara yang unik dan agresif dalam mempertahankan dirinya.

Ikan cupang sendiri memiliki tiga golongan diantaranya ikan cupang hias, ikan cupang aduan, dan ikan cupang liar. Di bawah ini kamu akan mengetahui beberapa jenis ikan yang cukup terkenal di Indonesia. Mari di simak ya.

Ikan Cupang Halfmoon


Ikan Cupang Halfmoon adalah jenis ikan hias yang ekor dan siripnya terlihat menyatu dan membentuk setengah lingkaran. Jika dilihat dari samping ekor halfmoon berbentuk seperti bulan setengah. Warna ikan ini juga bermacam ragam warna baik itu warna kuning, merah, dan lainnya.

Karena banyaknya warna dari ikan ini menjadikan ikan ini pun banyak penggemarnya baik itu dari kalangan anak remaja hingga dewasa untuk dijadikan ikan hias.

Ikan Cupang Crown Tail (Serit)




Kamu harus bangga karena ikan cupang serit ini adalah buah dari hasil silangan para breeder Indonesia. Ikan ini terkenal karena keindahan pada ekornya. Jika dilihat lebih mendalam ekor ikan serit seperti mahkota jika dibalik menghadap keatas.

Keunikan lainnya dari ikannya ini adalah sirip yang berbeda dengan jenis ikan cupang pada umumnya.

Ikan Cupang Plakat (Petarung)


Ikan cupang plakat adalah ikan cupang yang berasal dari Thailand. Jenis ikan ini adalah hasil dari persilangan antara ikan cupang liar dengan ikan cupang aduan.

Oleh sebab itu, ikan ini diberi nama plakat (bahasa Thailand) yang artinya adalah tarung atau aduan. Ikan cupang plakat ekor dan siripnya terbilang pendek. Namun, sirip dari ikan cupang plakat ini dapat memberikan kesan kokoh dan kekar. Gerakan dari ikan ini cukup dibilang tidak terlalu anggun.

Jika dilihat sekilas ikan ini lebih mirip dengan ikan cupang petarung. Oh iya, ikan cupang plakat juga memiliki warna dan bentuk sisik lebih indah loh. Dan juga, ikan ini mampu mengembangkan siripnya selebar 180 derajat. Ikan ini sebenarnya lebih cocok pada ikan cupang hias daripada ikan hias petarung.

Ikan Cupang Double Tail (Cagak)



Ikan Double Tail adalah ikan yang mempunyai dua sirip pada ekor. Ukuran setiap ekor dari ikan ini sama besar dan sama lebarnya. Selain itu, ikan cupang ini mempunyai pangkal sirip dan sirip anak yang kurang lebih sama panjangnya.

Jika ikan ini mengembangkan siripnya, maka kesatuan dari sirip tersebut akan membentuk satu lingkaran secara penuh. Jenis ikan ini cukup terbilang sangat langka. Karena untuk mendapatkan cupang yang sempurna seperti ini kemungkinan berhasilnya sangat rendah.

Ikan Cupang Giant (Raksasa)


Tahukah kamu bahwa sebenarnya ikan cupang jenis giant ini adalah hasil dari pengembangbiakkan para preeder Thailand. Ukuran dari jenis cupang ini cukup terbilang sangat besar dibanding jenis cupang lainnya. Ukurannya ikan cupang ini dapat mencapai 12 cm.

Oh iya, ikan cupang giant buah dari perkawinan silang antara ikan cupang plakat dan ikan cupang lainnya loh. Sebenarnya sih, bisa juga dikawinkan dengan berbagai jenis ikan cupang.

Namun, jika ingin mendapatkan hasilnya bagus lebih baik gunakanlah ikan cupang yang biasa diikutsertakan dalam ikan cupang hias. Jika ingin mendapatkan ikan jenis yang bagus.

Sebagai informasi tambahan saja saat ini, berbagai macam jenis ikan cupang raksasa sudah ada di Indonesia diantaranya halfmoon giant, double tail giant dan crown tail giant. Jika memang kamu pecinta ikan cupang mari rawat dan koleksi berbagai jenis ikan cupang. Siapa tahu kedepannya ada kontes ikan cupang hias, kamu bisa ikut loh.


Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di GHIRAH.COM..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DAKWAH ATAU DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WEB GHIRAH.COM

Post A Comment:

0 comments: