IKAN CUPANG : Jalan-jalan di Jakarta tidak melulu hanya ke tempat hiburan atau restoran, sesekali mampirlah ke sentra ikan cupang hias. Di Jakarta, ada dua sentra ikan cupang hias yang cukup dikenal. Salah satunya ada di Slipi, Jakarta Barat.


Tempat yang biasa disebut Kampung Cupang ini menjadi target bagi Anda yang ingin berburu ikan cupang hias. Di Slipi, Anda akan menemukan banyak jenis ikan dengan nama latin Betta splendens ini.
Sentra ikan cupang hias Slipi telah ada sejak 16 Desember 2007. Menurut penuturan Cepong dari  Sentra Promosi dan Pemasaran Ikan Hias Jakarta Barat (SPPIH), dulunya tempat ini dikelola oleh Koperasi Pengusaha Ikan Hias Kota Bambu Slipi (Kobapi). Jumlah anggotanya saat itu ada 47 orang.
"Sempat heboh di tahun 2007," kata Cepong saat berbincang dengan kumparan di Sentra Ikan Cupang Hias Slipi, Selasa (23/1).

Cepong menjelaskan, sentra ikan cupang hias Slipi berdiri di atas lahan 800 meter persegi. Di tempat ini setidaknya dijual ribuan ikan cupang setiap harinya. Ikan cupang ada yang berasal dari peternakan sendiri dan beberapa dari titipan peternak lain.
"Kalau yang dari daerah bisa beli banyak, bisa ribuan," tambahnya.
Di tempat ini, setidaknya ada 6 jenis ikan cupang hias yang dijual. Misalnya ada jenis Serit dengan warna dasar yang beragam mulai dari terang, warna gelap, warna kombinasi hitam, hingga warna merah dan cooper. Sedangkan jenis ikan cupang lain yang dijual adalah Halfmoon.
"Cupang asli Indonesia salah satunya Crowntail atau Serit, kemudian Halfmoon Thailand, Plakat itu shorttail ekor kecil, Double Tail, Plakat Giant, Big Air atau kuping gajah yang produk Thailand, itu semua yang sering dijual," tuturnya

Bergeser dari Slipi, ada satu Kampung Cupang lain yang dibangun di daerah Semanan, Jakarta Barat. Di lahan seluas kurang lebih 100 hektar ini juga dibangun layaknya yang ada di Slipi. Maklum, sebagian besar peternak ikan cupang di daerah ini dulunya juga berasal dari Slipi. Maka tidak heran, Semanan menjadi rumah kedua bagi para peternak ikan cupang.
"Di sentra fauna ini tersedia berbagai jenis cupang, dari mulai aduan atau cupang pendek, Slayer atau dikenal Halfmoon, Serit atau Crowntail, Plakat, Giant Plakat, Giant Halfmoon, Giant Crowntail, Double Tail atau berekor dua, cupang Giant Koi sedang ngetren saat ini, cupang ini memiliki warna seperti ikan emas koi," tutur salah satu peternak ikan cupang Marwan Pechi.
Marwan mengatakan per bulan bisa menjual hingga 5.000 ekor ikan cupang beragam jenis. Omzet yang dia dapat bisa mencapai Rp 15 juta.
"Per bulan di kios saya bisa menjual 5.000 ekor dengan nilai transaksi 10-15 juta per bulan," katanya.
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di GHIRAH.COM..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DAKWAH ATAU DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WEB GHIRAH.COM

Post A Comment:

0 comments: